Kegiatan Praktek Kerja Lapangan Di Desa Wisata Karangbanjar Kabupaten Purbalingga

Lokasi Desa Wisata

Mahasiswa Stisip Kartika Bangsa dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan untuk tahun akademik 2011-2012 memilih Desa Wisata Karang Banjar Kecamatan Bojongsari di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah yang memiliki prestasi Juara Nasional Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Usaha Kerajinan Rambut
Desa Wisata juga merupakan asset bagi Pemerintah Kabupaten Purbalingga, karena telah mandiri secara ekonomis. Di Desa ini memiliki beberapa industri yang sudah berkembang, misalnya industri kerajinan rambut, industri kerajinan sapu, kerajinan bubut tradisional, produksi makanan khas, usaha peternakan terpadu, kegiatan kehidupan petani dengan pengolahan secara tradisional, pembibitan ikan tawar.
Usaha Homestay

Dari berbagai industri kerajinan yang sudah berkembang baik tersebut, industri kerajinan rambut yang sudah lebih berkembang baik untuk pasar nasional maupun dunia,  kemudian tumbuh usaha-usaha lainnya yang berkait dengan pariwisata, seperti homestay. Pengelolaan desa ini sebagai entitas ekonomi dan pariwisata mulai dilakukan secara professional, dengan melibatkan stakeholder di sana.
Foto bersama anggota tim mahasiswa Administrasi negara dan Sosiologi
Tim Peneliti dari mahasiswa Prodi Sosiologi
Dengan rombongan 30 orang yang terdiri dari mahasiswa prodi Administrasi Negara dengan Dosen Pembimbing Dra. Endang Tri. S, M.PA dan Dra.Herliyani Trikoriyanti serta Vibriza Juliswara, S.H., S.Sos, M.A dari Prodi Sosiologi melakukan kajian ilmiah berupa penelitian mengenai perubahan perilaku petani dari ekonomi berbasis pertanian ke ekonomi berbasis industry pariwisata ; kemudian aspek kepuasan terhadap layanan homestay di Desa Karangbanjar ini sehingga bisa menopang ekonomi masyarakat.
Karangbanjar merupakan desa yang mempunyai daya pesona tersendiri bagi setiap yang mengunjunginya. Fasilitas yang biasa dinikmati adalah homestay, Coffeshop, Arena Pemancingan, Mixfarming Pusat penangkaran ikan koi dan Laboraturium Air tawar di Balai Benih Ikan, Reptil Park, Camping Ground Munjul Luhur, Ajang Petualangan, serta Bumi Perkemahan.
Jarak Desa Wisata yang tidak jauh dari beberapa tempat wisata yang menarik lainnya semakin menambah kunjungan wisata ke wilayah ini, seperti Owabong Water Park, Keramik Bimax, Gua Lawa, Ardhi Lawt, Reptil & Insect Park & Museum uang, aquarium purbasari Pancuran Mas, Agrowisata Strawberry Serang, Monumen Jenderal Soedirman.




Postingan Populer