Karyawisata Mahasiswa STISIP Kartika Bangsa ke Biro Penelitian dan Pengembangan Harian Kedaulatan Rakyat

STISIP Kartika Bangsa Yogyakarta menyelenggarakan Karyawisata ke kantor harian Kedaulatan Rakyat / KR di Jalan Mangkubumi, Kamis (29/11/2012). Kunjungan ini disambut hangat oleh Bapak Sugeng Wibowo, S.H  selaku Direktur Penelitian dan Pengembangan Kedaulatan Rakyat.
Dra. Sudaru Murti, M.Si selaku Ketua PPPM STISIP Kartika Bangsa Yogyakarta mengungkapkan, tujuan diadakan karyawisata untuk memberikan tambahan  pengetahuan dan memperluas wawasan tentang kegiatan di Bagian Penelitian dan Pengembangan yang berkait mata kuliah Metodologi Penelitian Sosial yang nyata bagi mahasiswa.
Mahasiswa yang berjumlah 20 orang baik dari program studi Sosiologi maupun program studi Administrasi. Pada kesempatan itu hadir pula Ketua Program Studi Sosiologi Vibriza Juliswara, S.H., S. Sos, M.A yang juga mengajar matakuliah Sosiologi komunikasi dan Informasi. 
Mahasiswa dan dosen diajak berdiskusi mengenai peran Litbang dalam manajemen media, khususnya media cetak.  Sedangkan bidang Litbang dalam kesempatan ini memberikan berbagai informasi mengenai Kedaulatan Rakyat. Di antaranya mengenai sejarah berdirinya Kedaulatan Rakyat. “Kedaulatan Rakyat dipelopori oleh H. Samawi dan Madikin Wonohito”. 
Proses pelepasan pemberangkatan mahasiswa STISIP Kartika Bangsa dari
Kampus Rejowinangun No. 6, oleh Pembantu Ketua II Drs. Didik Rosyidi,
 kemudian suasana diskusi dengan Bagian Litbang SKH Kedaulatan Rakyat,
diakhiri foto bersama mahasiswa peserta karyawisata dengan Direktur Litbang
SKH Kedaulatan Rakyat Sugeng Wibowo, S.H, Ketua PPPM Stisip Kartika Bangsa
Dra. Sudaru Murti, M. Si, Ketua Program Studi Sosiologi Vibriza Juliswara, S.H., S. Sos, M.A 
Pada kesempatan itu juga dijelaskan bagaimana proses pengolahan data yang diterima dari hasil survei kepada responden baik eksternal maupun internal sebagai bahan masukan bagi peningkatan mutu pemberitaan dari awal sampai koran didistribusikan ke masyarakat umum. Suara Pembaca harus didengar untuk menjaga eksistensi media dan menjalin hubungan yang baik antara media dan masyarakat. Mahasiswa juga diajak berkeliling di ruang wartawan, newsroom, KR online, percetakan sebelum tayang.  Mahasiswa berharap dapat mengunjungi kantor Kedaulatan Rakyat kembali di lain kesempatan.